Praktek ke 1
org 100h
proses:
mov ax, 3 ; memilih text mode 80x25
mov ax,103h ; menyediakan 16 warna
mov bx, 0
int 10h
mov ax, 0b800h ; segment video
mov ds, ax ; ds = data segment
mov [02h], 'k'
mov [03h], 2h
mov [04h], 'h'
mov [06h], '.'
int 20h
end proses
**************************** kitieHarjanto ********************************
Praktek k 2
include emu8086.inc ; memaanggil makro bernama emu8086
.model small
.code
org 100h
anyak: jmp proses
teks1 db "Hallo kitieHarjanto..$" ; data type byte...diakhiri $
teks2 db "Betapa hijaunya ..$" ; agar terbaca oleh int 21h / 89h
teks3 db "Aku cantik y ..$" ;
teks4 db "Aku cantik..$"
teks5 db "Aku canti..$"
teks6 db "Aku cant..$"
teks7 db "Aku can ..$"
teks8 db "Aku ca..$"
teks9 db "Aku c..$"
teks10 db "Aku ..$"
proses:
gotoxy 10,5
; menulis string pertama
mov dx, offset teks1
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,6
;menulis string kedua
mov dx, offset teks2
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,7
;menulis string ketiga
mov dx, offset teks3
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,8
;menulis string keempat
mov dx, offset teks4
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,9
;menulis string keempat
mov dx, offset teks5
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,10
;menulis string kelima
mov dx, offset teks6
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,11
;menulis string keenam
mov dx, offset teks7
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,12
;menulis string ketujuh
mov dx, offset teks8
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,13
;menulis string kedelapan
mov dx, offset teks9
mov ah, 09h
int 21h
gotoxy 10,14
;menulis string kesembilan
mov dx, offset teks10
mov ah, 09h
int 21h
mov ah, 0
int 16h ; tunggu sampai ada tombol yang ditekan
int 20h
end proses
**************************** kitieHarjanto ********************************
cara ngompile (mengubah file menjadi .com)
compile, save, pilih drive mn mw dsave, ok
ada 3 file .asm, .debug, .symbol satu lagi MS DOS application. MS DOS diklik. Klo lgsg ilang brati bener. Tp klo dtambah skrip
mov ah, 0
int 16h ; tunggu sampai ada tombol yang ditekan
hasille klo MS DOS Application diklik g lgsg ilang, nggu ada yang di klik trs baru ilang
**************************** kitieHarjanto ********************************
Praktek ke 3
.model small
.code
org 100h
anyak: jmp proses
kawula db "sega goreng"
proses:
xor bx, bx ; inisialisasi bx = 0
mov cx, 11 ; counter perulangan
ulang:
mov DL, kawula[bx] ; ambil data kawula urutan ke BX
mov ah, 02 ; int 21h servis 02 untuk cetak
int 21h ; 1
inc bx ; mainkan nilai bx => bx;=bx+1
loop ulang ; perintah mengulang
int 20h ; selesai kembali ke OS
end anyak
hasil :
**************************** kitieHarjanto ********************************
praktek ke 4
.model small
.code
org 100h
anyak: jmp proses
kawula db "sega goreng dan
proses:
xor bx, bx ; inisialisasi bx = 0
mov cx, 25 ; counter perulangan
ulang:
mov DL, kawula[bx] ; ambil data kawula urutan ke BX
mov ah, 02 ; int 21h servis 02 untuk cetak
int 21h ; 1
inc bx ; mainkan nilai bx => bx;=bx+1
loop ulang ; perintah mengulang
int 20h ; selesai kembali ke OS
end anyak
**************************** kitieHarjanto ********************************
interrupt è perintah melaksanakan sesuatu
mov cx, 25 è banyak nya data, apabila jumlah meebihi data yg ada maka data yg kebaca akan random (acak)
**************************** kitieHarjanto ********************************
.model small
.code
org 100h
proses:
mov ax, 0F000h ; masukkan nilai segment memory
mov es, ax
mov bx, 0FFF5h ; menunjuk offset memory yang di baca
mov cx, 8 ; counter
ulang:
mov dl,es:[bx][si] ; ambil data alamat es:bx+si
mov ah, 02h ; nilai interrupt untuk cetak 1 huruf ke layar
int 21h ; laksanakan interrupt
inc si ; si := si+1
loop ulang ; lompat ke ulang dari cx=8 sd cx=0
int 20h ;
end proses
**************************** kitieHarjanto ********************************
2 komentar:
Keren sangat neeh mBak Kitty Blog nya :)
thnks y
Posting Komentar