...::Selamat Datang di Coretan kitieHarjanto::...

Senin, 05 Desember 2011

simulasi segelas air

Semalem sebelum merem takut ngadepin hari ini. takut nggak bisa ketemu Bu Ajeng, takut lembur, takut arghghhhh tau lah. tapi sms dari kang ms nenangin, akhirnya merem nyenyak tanpa mimpi. walaupun bangun jm 2 bangunin ibu trus mimpi sih. gpp
pagi tadi mimi ke warnet, katanya mau wawancara di sahid. uadah good luck saja. apapun hasilnya itu yang terbaik buat kamu. ditrima dengan iklas y.
kegiatan pagi di warnet slese betulin proposal ajalh, blond belum [ulang gini. nulis dikit mimi pulang aku nulis diblog yang tadi pagi. hee
slese blond pamit mw pulang, heh bersih-bersih dululah, males mbak katanya. ujan e tiap hari og. kotor tiap hari. yee tiap hari kan juga dibayar buat bersih-bersih sama jaga warnet tho. nggak dibayar buat FBan aja. hahhh yasudahlah. susah ngomong sama tu anak. akhirnya jam 10 setengah 11an aku yang bersih-bersih. hmm sisa bunga-bunga putih lagi.
sebelum bersih-bersih tadi santi ngajakin ke kampus bareng. haduh san, belum jelas ini aku jadi ngampus apa nggak. mbak e belum ada kejelasa. masih bingung q. yadah akhirnya dia sendiri.
kerja-kerja. akhirnya mbak e sms, kul jam brapa kit?hmm tadi aku dah ngomong mase mbak brangkat jam 2. aku nggak da pulsa iki. hmm
setengah 2 mbak e dateng, langsung cabut. takut klo Bu Ajeng keburu pulang kayak kemarin. pulang tuker motor, brangkat deh. aku brangkat by. pamitku sama ibu. due sangu r? hee hee tinggal 4ribu duitku. lho nek r due duit mbok ngomong. nek 4 ribu tok po yo cukup go tuku bensin.
malu sih sebenere.tapi mau gimana lagi.hee makasih buk.
brangkat sedikit cepet. (haduh cepetnya kitie kayak apa sih). gpp penting slamet mpe tujuan. Alhmdlh mpe kampus, jalan cepet ke ruang dosen. ups, Bu Ajeng masih duduk manis lagi ngobrol sama mbae. tunggu bentar ahh di luar. nggak lama mbae keluar, aku masuk deh ktemu Bu Ajeng. ngomong ini itu, akhirnya slese. ke perpus bentar. pinjam buku. dapet 2 yang ada bahas tentang kriptografi enkripsi apalah itu namanya belum jelas aku.
slese ke perpus asar di mushola biasa, trus pulang. gimana gtu y klo ke kampus sendiri. nggak terbiasa kali y. dulu d3 sering sendiri tapi transfer ini sering sama santi. so agak-agak aneh klo sendiri. mana pulang matahari masih keliatan lagi. haduh. seger ato malah polusi ini. jalan dulu ajalah.
ketemu mbae lagi, nggak mungkin aku bareng sama dia. nyepedaku kayak apa, mbae kayak apa coba. yasudah harus terbiasa sendiri kitie.
bismillah.
pertama sih segger, tapi lama-lama bibirku kering.haduh daripada tar pecah-pecah lagi kayaknya aku perlu kain tutup mulut deh. pakai bentar lanjut pulang. sawah daerah skh segger lho. hmmm suasananya cerah, enak deh buat sepedaan. hmm q bw motor sendiri sih kurang bisa menikmati.
yasudah.pulang sajalah.di jalan kepikiran mw ke warnet ato pulang y. ahh warnet ajalah mbak e masih belum waras total. sapa tau dia sendiri. sapa tau aku bisa bantu-bantu. eh ternyata dah sama mase. yasudah aku ngomyang ajalah di blog.
proposal lagi ini.haduh kapan y dapet ttd dari pembimbing. sabar kit.
pusing ahh. bentar lagi maghrb. siap-siap buka link sms gratis. sms kang ms.met buka y kang ms. maaf q g due plsa :D

oh iya comot dari blog tetangga, lucu deh. coba baca.
pusing aku mikir skripsi, brosing-brosing jalan-jalan di dunia maya ini, nemu cerita-cerita bagus deh. coba deh ikut baca. judulnya sih Simulasi Segelas Air

"Beban itu kalo udah terasa berat ya ditaruh dulu"
Sama aja kayak simulasi segelas air..”

“Maksudnya, misalkan kita memegang segelas air dengan tangan lurus ke depan.
Awalnya sih biasa aja, tapi semakin lama semakin capek dan terasa berat.
Semakin lama semakin banyak kekhawatiran yang muncul.
Takut gelasnya pecah
Takut airnya tumpah
Takut kamunya pingsan, dll, dst..
Kalau udah terasa capek dan berat, sebaiknya segelas air itu ditaruh dulu.
Jangan dipegang terus..

“Dan, ibaratkan segelas air itu adalah sebuah masalah yang sebenarnya kecil dan simple, semakin lama akan semakin terasa berat dan kompleks kalau terus dipendam.”


Kemudian aku berpikir, “iya sih. Secara tidak sadar aku mungkin memendam beberapa masalah yang awalnya aku kira kecil dan biasa-biasa saja, namun justru ketika ada masalah yang menjadi pemicu, masalah kecil yang menumpuk itu semakin membebani”

Naah, akhirnya aku mencoba untuk memaparkan maksud simulasi segelas air tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Kalau ada masalah, besar atau sekecil apapun, janganlah dipendam. Keluarkan, selesaikan dan jangan diambil pusing (tapi bukan berarti diremehkan begitu saja). Karena kadang-kadang masalah-masalah kecil jika terakumulasi dan ada pemicu (masalah yang lebih besar) membuat kita tiba-tiba meledak karena tidak sanggup menampungnya lagi.
Cara menyelesaikannya gimana?
Aku gak bisa memberikan tips ataupun cara yang jitu. Aku bukan ahlinya. Lagipula setiap orang biasanya memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalahnya dan tentu saja memakai cara yang paling nyaman untuknya.

2. Aku pernah membaca suatu buku yang mengatakan kalau ada masalah, rasakanlah masalah tersebut. Rasakan dan resapi kemudian lepaskan.
Merasakan dan meresapi masalah itu bertujuan agar pada saat kita mengalami masalah yang mirip atau serupa pada suatu waktu, kita tau rasanya dan bias lebih ringan dalam menjalani dan menyelsaikannya (kurang lebih begitu yang aku ingat).

3. Perbanyak beribadah dan berdoa.
Mengadu kepada sang Maha Pencipta akan semua keluh kesah dan permasalahan yang kita hadapi. Kemana lagi kita akan mengadu selain kepada Allah SWT?
Kadang tanpa kita sadari, ketika kita menjauh dari Allah dan segala perintah dan ajaran-Nya, hati akan merasakan kekosongan dan biasanya gak tenang apalagi ketika menghadapi suatu masalah.

4. Perbanyak melakukan kebaikan. Cara ini ampuh untuk lebih menenangkan diri sendiri dan bisa merasakan kebahagiaan yang tulus.

5. Jangan lari dari masalah, karena kemana pun kamu pergi masalah itu bisa membayangi sewaktu-waktu tanpa kita sadari, kapan pun dan di manapun.
Jangan pula memecahkan masalah, karena kalau pecah akan semakin banyak masalah yang timbul.
Lalu bagaimana? Selesaikanlah masalah tersebut. Kalau sudah selesai kan tidak aka nada kelanjutannya bukan? Lo (masalah), gw, eeend….

Bagus y, semoga juga bermanfaat. buat yang dah nulis ini. makasih y :D

0 komentar:

Posting Komentar